Laman

Sabtu, 23 Oktober 2010

PETANI PERLU BELAJAR TERUS

Perkembangan jaman tidak sebanding dengan kemampuan yang telah dimiliki seseorang. Bila ingin bertahan dan tetap meraih keuntungan, maka harus mengikuti dan mengamati suasana lingkungan sekitar. Begitupun seorang petani, harus terus menerus mengikuti perkembangan jaman. Mulai dari memilih lahan memilih bibit, cara merawat tanaman, memetik hasil panen, sampai harga dipasaran.
Lahan yang awalnya (baru dibersihkan dari pepohonan liar/hutan) tinggal digali dan ditanami, tetapi itu hanya dapat berjalan hanya dua atau tiga kali saja. Untuk mendapatkan hasil panen yang baik, setelah itu giliran menanam berikutnya maka petani tersebut sudah harus mengolah lahannya dengan pemberian pupuk dan perawatan yang lebih rumit.
Hasil panen melimpah dan memperoleh uang yang banyak merupakan idaman setiap petani. untuk memperoleh itu semua diperlukan 'pengetahuan' dari hasil belajar dengan membaca situasi dan mau belajar dengan orang lain atau membaca buku-buku tentang pertanian. Buku-buku tentang tanaman sekarang ini sangat banyak sekali, mulai di toko-toko buku ternama seperti Gramedia dan sebagainya, sampai penjual buku kaki lima dan di pasar malam (pasar pekan yang berpindah-pindah tempat - di Kalimantan).
Belajar dan kreatifitas seorang petanipun dewasa ini senantiasa dituntut agar hasil panennya terus bertambah banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar